Senin, 07 Januari 2013

MAKALAH TENTANG PERAKITAN KOMPUTER


  
KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirobbil alamin kata yang pantas diucapkan sebagai bukti rasa syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta inayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul Teknik Merakit Personal Komputer (PC). Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, keluarga, para sahabat, dan orang-orang yang tetap istiqomah di jalanAlloh.Selanjutnya, ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya penulis sampaikankepada semua pihak yang telah membantu terselesainya makalah ini Penulis sangat berharap atas kritik dan saran demi kesempurnaan dan kemajuan di masa yang akandatang. Sebagai akhir kata mudah-mudahan makalah ini bermanfaat bagi kita semua,Amin.Sungai Bahar V, 20 Februari 2011Penulis
 



                                                                                                                          Ttd
                                                                                                                    Kanda roim  

                



BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Penguasaan IPTEK merupakan kunci penting dalam abad 21 ini. Oleh karena itu,kita sebagai siswa perlu mempersiapkan untuk mengenal, memahami, dan menguasaiIPTEK terutama dalam bidang teknologi informasi (TI) dalam rangka meningkatkankualitas SDM. Upaya untuk mempersiapkan hal itu memang sudah dilakukan melalui 
pendidikan formal melalui pelajaran KKPI, serta pada Pendidikan menengah kejuruan di jujusan teknologi informasi (TI), sesuai dengan Undang-undang No.2 tahun 1989, serta pendidikan non formal seperti pelatihan pelatihan, atau kursus-kursus yang kita lakukan.Persiapan sedini mungkin sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di masadepan yang secara kualitatif cenderung meningkat. Berbagai tantangan muncul, antara lainmenyangkut peningkatan kualitas SDM, pemerataan hasil pembangunan, partisipasimasyarakat, dan kemampuan untuk mengembangkan sumber daya manusia.Dalam bidang teknologi informasi (TI) sebagai bagian dari pendidikan yangumumnya memiliki peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan, khususnya didalam menghasilkan siswa-siswa yang berkualitas, yaitu manusia yang mampu berfikir kritis, kreatif, logis dan berinisiatif dalam menanggapi isu di masyarakat yang diakibatkanoleh dampak perkembangan teknologi informasi (TI).Dewasa ini, pembelajaran dalam bidang TI didominasi oleh penggunaan metodeceramah dan kegiatannya lebih berpusat pada guru. Aktivitas peserta didik dapat dikatakanhanya mendengarkan penjelasan guru dan mencatat hal-hal yang dianggap penting. Gurumenjelaskan tentang teknologi informasi hanya sebatas produk dan sedikit proses. Salahsatu penyebabnya adalah kurangnya media dan sarana untuk kegiatan peraktek seperti personal komputer (PC), serta masih mahalnya produk teknologi dimasyarakat.Padahal dalam membahas tentang teknologi informasi tidak cukup hanyamenekankan pada produk, tetapi yang lebih penting adalah proses untuk mencobamemperaktekkan. Oleh karena itu, media praktikum sebagai alat pembelajaran untuk menjelaskan pengetahuan tentang teknologi informasi sangat diperlukan.Pembelajaran dengan menggunakan alat media praktikum seperti komputer sangatefektif untuk menanamkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap dannilai limiah pada peserta didik.Tujuan teknologi informasi secara umum adalah agar  peserta didik memahami konsep kemudahan dalam mengakses suatu informasi secaramudah dalam keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari,

Salah satu cara untuk dapat menciptakan sumber daya manusia berkualitas, gurudalam mengajar dapat menggunakan beberapa metode dan pendekatan. Dalam hal ini, pendekatan yang paling sesuai dengan perkembangan IPTEK adalah pendekatan SainsTeknologi Masyarakat, karena pendekatan ini memungkinkan peserta didik  berperan aktif dalam pembelajaran dan dapat menampilkan peranan Sains dan Teknologiterutama dibidang teknologi informasi didalam kehidupan masyarakat. Denganmenggunakan pendekatan teknologi informasi sehingga diharapkan, guru dan peserta didik dapat menyerap informasi dengan mudah dan cepat.Dengan menggunakan pendekatanteknologi informasi (TI) dalam pembelajaran, diharapkan penerimanaan informasi menjadicepat.

1.2 Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut.1.Apakah yang perlu dipersiapkan dalam perakitan sebuah PC (personalKomputer)?
Bagaimana langkah-langkah untuk melakukan perakitan PC (personalkomputer)?

1.3 Tujuan
Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1.Mengetahui hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam perakitan sebuah PC(Personal Komputer).
2.Mengetahui langkah-langkah untuk melakukan perakitan PC (Personal Komputer).
 























BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Persiapan Perakitan Komputer

Pada dasarnya merakit PC itu cukup mudah, hanya saja dibutuhkan ke telitian saatmengerjakanya.sehingga hasilnya cukup memuaskan. Komponen perakitan komputer tersedia di pasaran dengan beragam pilihan kualitas dan harga.Dengan merakit komputer sendiri, kita dapat menentukan jenis komponen, kemampuan serta fasilitas dari komputer sesuai kebutuhan.Dan didalam perakitan sebuah komputer, diperlukan persiapan yangcukup, utamanya peralatan yang digunakan serta software yang hendak diinstall.Di bawahini adalah beberapa peralatan dan bahan yang harus disiapkan dalam merakit sebuah PC.

2.1.1 Persiapan Alat 

Tidak terlalu banyak alat yang dibutuhkan dalam perakitan sebuah PC.Diantaranyaadalah :1. Obeng Plus (+)2. Obeng Minus (-)3. Tang Lancip (Capit Buaya)4. Multimeter / Multitester (Untuk Pengukuran Tegangan)5. Pinset (Untuk Pencabut Jumper)6. Gelang Anti Statik 

2.1.2 Persiapan Bahan

Bahan yang diperlukan adalah :
1. Satu unit Komputer yang terdiri dari :
-Monitor 
-Casing ATXTampak dari depan Tampak dari belakang Tampak dari kanan
-P2E-B Dan 8 MB ATI RageMotherboard ASUS VGA Card-Processor Celeron 400 DAN Memori 64 MB SDRAMProcesor Memori-Hard Disk, Floppy Disk Drive 3,5 Inch, dan CDROMHarddisk Floppy tampak dari depan CD/DVD ROM-Mouse Serial dan Keyboard2.
Peralatan Tambahan CD Instalasi yang terdiri dari :-CD Driver Motherboard-CD Driver VGA Card-CD Master Oprating System-CD Master Aplikasi
http://htmlimg3.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/6-c9b000af8b.jpg

 
2.2 Perakitan CPU

Sebelum Merakit sebuah PC, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, diantaranyaadalah :
1.         Hindari merakit dalam keadaan berkeringat, karena kemungkinan keringat akan jatuh keperalatan yang sedang kita rakit tanpa kita ketahui, lalu saat kitamenyalakan power supply maka terjadilah hubungan pendek (short contact) danrusaklah hasil rakitan kita.
2.         Hindari memegang atau menyentuh langsung kaki pin prosesor yang ada termasuk chipset. Karena dikhawatirkan adanya listrik statis yang dimiliki tubuh kita akanmerusak komponen tersebut. Untuk mencegah hal ini kita harus meng-groundkantubuh kita dengan cara memegang casing saat power telah dihidupkan, atau denganmemakai gelang anti statis.
3.         Pada setiap tahap perakitan sebelum menambahkan komponen yang baru power supply harus dimatikan. Memasang komponen pada saat power supply hidup akanmerusak komponen yang akan dipasang dan juga hasil rakitan kita.
4.         Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan yang dibutuhkan sebelum memulai perakitan, agar seluruh kegiatan tidak terhambat pada kemungkinan kurangnya peralatan yang ada.

2.1 Langkah-langkah perakitan.

1.Letakkan motherboard pada tempat yang datar atau diatas casing padatempat yang aman.Meletakkan motherboard pada tempat yang tidak rata akan mengakibatkankerusakan pada motherboard apabila dilakukan pemasangan komponen.2.Pasang processor pada Motherboard. Pemasangan di luar casingdimaksudkan untuk memudahkan anda dalam pemasangan tersebut.
Pasang pengait processor terlabih dahulu pada motherboard sebelummemasang processor.
Perhatikan lubang yang terdapat pada motherboard (dekat processor), yang digunakan untuk memasukkan pengait.Perhatikan gambar di bawah ini.
http://htmlimg1.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/8-a345a5d8dd.jpg
Gambar lubangdekat processor 
Gambar Pemasangan Pengait Processor 
Selanjutnya pasang baut untuk mengunci pengait processor diatas. Perhatikangambar di bawah ini.Pemasangan ini bertujuan untuk mengunci pengait agar tidak lepas / goyang.Pasang pengunci sebanyak empat buah.Pasang processor pada slot 1Pemasangan processor disesuaikan dengan jenis processor dan motherboard

 
yang akan digunakan. Pada gambar di atas, processor yang digunakan adalahIntel Pentium II Celeron 400 MHz yang menggunakan Slot 1.3.Pasang SIMM RAM pada tempat yang tersedia pada motherboard
Gambar Posisi Pemasangan SIMM RAM 
Pemasangan SIMM RAM pada slotnya harus mengikuti aturan yang telahditentukan, yaitu :-Aturan praktis yaitu aturan yang menjelaskan bagaimana tata cara memasangkanSIMM ketempatnya. Kesalahan ini dapat membuat kerusakan pada motherboard.
-
Aturan teknis yaitu aturan yang menjelaskan susunan tata letak SIMMdalam hubungannya dengan pendeteksian terhadap keberadaan dan kapasitasSIMM.Pada slot memori, terdapat dua buah pengunci yang berfungsi untuk mengunci posisi memori.Untuk memasang memori, masukkan memori ke dalam slot memori dantekan sehingga kedua pengunci mengunci memori tersebut
Gambar Posisi pemasangan memori
4.Siapkan casing untuk pemasangan motherboard. Lepaskan penutupsampingcasing(sebelahkanan) untuk memasangkomponen yang lain.
http://htmlimg4.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/9-770924c548.png
 
5.Pasang Floppy disk, perhatikan tata letak pemasangan. Sesuaikan dengan posisi dari casing.Tampak posisi floppy daridepan casing setelah dipasang.Tampak pemasangan floppy.
6.Pasang baut Floppy, ini bertujuan agar floppy yang telah dipasangtidak mudah lepas / goyang.Pemasangan baut pd FDD 
7.Pasang Harddisk pada casing, sesuaikan dengan model casing(biasanya harddisk dipasang tepat di bawah floppy).
8.Pasang baut untuk harddisk (empat buah baut)

 
9.Pada casing, terdapat beberapa titik yang berfungsi untuk pemasangan bautdan sekrup. Pasanglah baut dan sekrup tersebut pada tempatnya, sesuaikandengan jenis motherboard yang digunakan.
 Posisi pemasangan Baut dan Sekrup
10.Masukkan motherboard pada casing secara perlahan (Pada sebagiancasing, alas casing dapat dilepas sehingga pemasangan motherboard dapatdilakukan secara lebih mudah
http://htmlimg1.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/10-1945a99233.jpg
Gambar Pemasangan Motherboard pada casing 

Pada saat pemasangan Motherboard, perhatikan bagian belakang motherboard yang berisi konektor mouse, keyboard, serial dan paralel port, agar terpasang dengantepat pada dudukan casing yang ada.11.Kemudian pasanglah baut yang disediakan pada Motherboard pada beberapa titik yang sesuai dengan dudukan motherboard.
http://htmlimg4.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/11-f57ba02063.jpg
 
 Pemasangan Baut 
12.Pasang dan kencangkan seluruh baut pada motherboard
13.Pasang konektor Power Supply pada tempatnya di Motherboard (Perhatikan: Untuk power Supply Type AT, Pasang konektor power supply dengan kabel berwarna hitam berada di posisi tengah, kesalahan pemasangan akanmengakibatkan kerusakan berat pada Motherboard)14.Pasanglah VGA Card pada Slot Expansi yang sesuai.
 Pemasangan VGA Card pada slot AGP 
http://htmlimg3.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/12-022ef9d6ac.jpg
 
15.PasangbautdariVGACardtersebut.
Gambar Pemasangan baut VGA Card 
16.Pasang kabel serial port pada port yang tersedia pada motherboardSelanjutnya letakkan port serial pada bagian belakang motherboard17.Pasang kabel LPT Port (Line Printer Port) pada motherboardSelanjutnya letakkan port serial pada bagian belakang motherboard
http://htmlimg3.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/13-d6e2202264.jpg
 
18.Setelah selesai memasang VGA Card, Serial Port, LPT Port, selanjutnyaanda memasang baut pada bagian belakang casing untuk mengeratkan VGA Card,Serial Port, LPT Port yang telah dipasangGambar Pemasangan baut pada VGA Card, Serial Port, LPT Port
19.Pasang kabel data Harddisk (HDD) pada port IDE, Floppy Disk Drive(FDD) Pada port FDD pada motherboardPemasangan kabel data Harddisk. Pemasangan kabel data Floppy.Perhatikan arah pemasangan kabel (pin1) Perhatikan arah pemasangan kabel (pin 1)Perhatikan pemasangan pin1 pada motherboard. Ikuti petunjuk pada Motherboardatau buku manual masing-masing.20.Pasanglah kabel power untuk Harddisk dan Floppy
 Pemasangan Kabel power FDD dan HDD
http://htmlimg1.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/14-4089534b4c.jpg
 
21.Pasang kabel switch, speaker, hdd LED dan power LED padaMotherboard. Ikuti petunjuk yang ada pada buku manual masing-masingMotherboard.
Gambar Pemasangan kabel power dan LED
22.Atur kabel-kabel data dan power. Setelah selesai tutup kembali casing anda
23.Pasanglah Keyboard, Mouse, Data Monitor.Power Monitor dan KabelPower pada bagian belakang casing sesuai dengan konektor masing-masing.
Searah Jarum Jam, Pemasangan Keyboard, Mouse, Data Monitor, Power Monitor dan Kabel Power 
http://htmlimg3.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/15-f5a6e57268.jpg
 
Usahakan memasang kabel Power setelah seluruh peripheral dan konektor lainterpasang dengan baik untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponenapabila terjadi kesalahan pemasangan.
24.Setelah seluruh komponen telah terpasang dengan baik, lakukan pengujian..
Pengujian
1.Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suaradari speaker.2.Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yangterpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosongdan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasikesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahanyang dimaksud oleh kode beep.3.Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusidari program POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS. 4.Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutamakapasitas hardisk dan boot sequence.4.Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS. Setelah keluar darisetup BIOS, komputer akan meload Sistem OPerasi dengan urutan pencariansesuai seting boot sequence pada BIOS. Masukkan diskette atau CD Bootableyang berisi sistem operasi pada drive pencarian.
Gambar Tampilan apabila perakitan berhasil Gambar Tampilan apabila perakitan berhasil 
http://htmlimg4.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/16-9342727fd3.png
 
2.2.2Penanganan Masalah
Permasalahan yang umum terjadi dalam perakitan komputer dan penanganannyaantara lain:1.Komputer atau monitor tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switchatau kabel daya belum terhubung.2.Card adapter yang tidak terdeteksi disebabkan oleh pemasangan card belum pas ke slot.
 
























BAB III

PENUTUP


3.1 Kesimpulan

Pendekatan teknologi informasi dalam belajar dan mengajarkan sains dan teknologidalam konteks pengalaman manusia. Pendekatan dengan teknologi informasi cocok untuk mengintegrasikan domain konsep, keterampilan proses, kreativitas, sikap, nilai-nilai, penerapan, dan keterkaitan antar bidang studi (kurikulum) dalam pembelajaran dan penilaian pendidikan sains (Galib, 1996b; 1992a).Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan teknologi informasi dapatmeningkatkan sikap para siswa yang semula kurang dalam menyerap informasi menjadilebih gampang, cepat dan mudah dalam memperoleh informasi. dan dapat meningkatkankepedulian semua rekan-rekan terhadap kegiatan masyarakat sehari-hari.

3.2 Saran

Pendekatan teknologi informasi dalam pembelajaran perlu mendapat perhatian dantanggapan yang serius dari semua kalangan baik lembaga pendidikan maupun masyarakatitu sendiri karena melalui pendekatan ini maka siswa dapat memperluas dan memperdalam pemahaman tentang dunia teknologi informasi dalam konteks yang lebih luas, tidak hanya sekedar pemahamankonsepnya.Dengan demikian, upaya meningkatkan pengembangan literasi sains
(science literacy) dan teknologi bagi siswa dapat dicapaidengan mudah.
 






Selamat membaca dan semoga bermamfaat


By: kanda roim M 451 H k.n.d 
KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirobbil alamin kata yang pantas diucapkan sebagai bukti rasa syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta inayahnya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah dengan judul Teknik Merakit Personal Komputer (PC). Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW, keluarga, para sahabat, dan orang-orang yang tetap istiqomah di jalanAlloh.Selanjutnya, ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya penulis sampaikankepada semua pihak yang telah membantu terselesainya makalah ini Penulis sangat berharap atas kritik dan saran demi kesempurnaan dan kemajuan di masa yang akandatang. Sebagai akhir kata mudah-mudahan makalah ini bermanfaat bagi kita semua,Amin.Sungai Bahar V, 20 Februari 2011Penulis
 



                                                                                  Ttd
                                                                            Kanda roim                  



























BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang

Penguasaan IPTEK merupakan kunci penting dalam abad 21 ini. Oleh karena itu,kita sebagai siswa perlu mempersiapkan untuk mengenal, memahami, dan menguasaiIPTEK terutama dalam bidang teknologi informasi (TI) dalam rangka meningkatkankualitas SDM. Upaya untuk mempersiapkan hal itu memang sudah dilakukan melalui pendidikan formal melalui pelajaran KKPI, serta pada Pendidikan menengah kejuruan di jujusan teknologi informasi (TI), sesuai dengan Undang-undang No.2 tahun 1989, serta pendidikan non formal seperti pelatihan pelatihan, atau kursus-kursus yang kita lakukan.Persiapan sedini mungkin sangat dibutuhkan untuk menghadapi tantangan di masadepan yang secara kualitatif cenderung meningkat. Berbagai tantangan muncul, antara lainmenyangkut peningkatan kualitas SDM, pemerataan hasil pembangunan, partisipasimasyarakat, dan kemampuan untuk mengembangkan sumber daya manusia.Dalam bidang teknologi informasi (TI) sebagai bagian dari pendidikan yangumumnya memiliki peran penting dalam peningkatan mutu pendidikan, khususnya didalam menghasilkan siswa-siswa yang berkualitas, yaitu manusia yang mampu berfikir kritis, kreatif, logis dan berinisiatif dalam menanggapi isu di masyarakat yang diakibatkanoleh dampak perkembangan teknologi informasi (TI).Dewasa ini, pembelajaran dalam bidang TI didominasi oleh penggunaan metodeceramah dan kegiatannya lebih berpusat pada guru. Aktivitas peserta didik dapat dikatakanhanya mendengarkan penjelasan guru dan mencatat hal-hal yang dianggap penting. Gurumenjelaskan tentang teknologi informasi hanya sebatas produk dan sedikit proses. Salahsatu penyebabnya adalah kurangnya media dan sarana untuk kegiatan peraktek seperti personal komputer (PC), serta masih mahalnya produk teknologi dimasyarakat.Padahal dalam membahas tentang teknologi informasi tidak cukup hanyamenekankan pada produk, tetapi yang lebih penting adalah proses untuk mencobamemperaktekkan. Oleh karena itu, media praktikum sebagai alat pembelajaran untuk menjelaskan pengetahuan tentang teknologi informasi sangat diperlukan.Pembelajaran dengan menggunakan alat media praktikum seperti komputer sangatefektif untuk menanamkan dan mengembangkan pengetahuan, keterampilan, sikap dannilai limiah pada peserta didik.Tujuan teknologi informasi secara umum adalah agar  peserta didik memahami konsep kemudahan dalam mengakses suatu informasi secaramudah dalam keterkaitannya dengan kehidupan sehari-hari,

Salah satu cara untuk dapat menciptakan sumber daya manusia berkualitas, gurudalam mengajar dapat menggunakan beberapa metode dan pendekatan. Dalam hal ini, pendekatan yang paling sesuai dengan perkembangan IPTEK adalah pendekatan SainsTeknologi Masyarakat, karena pendekatan ini memungkinkan peserta didik  berperan aktif dalam pembelajaran dan dapat menampilkan peranan Sains dan Teknologiterutama dibidang teknologi informasi didalam kehidupan masyarakat. Denganmenggunakan pendekatan teknologi informasi sehingga diharapkan, guru dan peserta didik dapat menyerap informasi dengan mudah dan cepat.Dengan menggunakan pendekatanteknologi informasi (TI) dalam pembelajaran, diharapkan penerimanaan informasi menjadicepat.

1.2 Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah sebagai berikut.1.Apakah yang perlu dipersiapkan dalam perakitan sebuah PC (personalKomputer)?
Bagaimana langkah-langkah untuk melakukan perakitan PC (personalkomputer)?

1.3 Tujuan
Tujuan dalam penulisan makalah ini adalah sebagai berikut.
1.Mengetahui hal-hal yang perlu dipersiapkan dalam perakitan sebuah PC(Personal Komputer).
2.Mengetahui langkah-langkah untuk melakukan perakitan PC (Personal Komputer).
 























BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Persiapan Perakitan Komputer

Pada dasarnya merakit PC itu cukup mudah, hanya saja dibutuhkan ke telitian saatmengerjakanya.sehingga hasilnya cukup memuaskan. Komponen perakitan komputer tersedia di pasaran dengan beragam pilihan kualitas dan harga.Dengan merakit komputer sendiri, kita dapat menentukan jenis komponen, kemampuan serta fasilitas dari komputer sesuai kebutuhan.Dan didalam perakitan sebuah komputer, diperlukan persiapan yangcukup, utamanya peralatan yang digunakan serta software yang hendak diinstall.Di bawahini adalah beberapa peralatan dan bahan yang harus disiapkan dalam merakit sebuah PC.

2.1.1 Persiapan Alat 

Tidak terlalu banyak alat yang dibutuhkan dalam perakitan sebuah PC.Diantaranyaadalah :1. Obeng Plus (+)2. Obeng Minus (-)3. Tang Lancip (Capit Buaya)4. Multimeter / Multitester (Untuk Pengukuran Tegangan)5. Pinset (Untuk Pencabut Jumper)6. Gelang Anti Statik 

2.1.2 Persiapan Bahan

Bahan yang diperlukan adalah :
1. Satu unit Komputer yang terdiri dari :
-Monitor 
-Casing ATXTampak dari depan Tampak dari belakang Tampak dari kanan
-P2E-B Dan 8 MB ATI RageMotherboard ASUS VGA Card-Processor Celeron 400 DAN Memori 64 MB SDRAMProcesor Memori-Hard Disk, Floppy Disk Drive 3,5 Inch, dan CDROMHarddisk Floppy tampak dari depan CD/DVD ROM-Mouse Serial dan Keyboard2.
Peralatan Tambahan CD Instalasi yang terdiri dari :-CD Driver Motherboard-CD Driver VGA Card-CD Master Oprating System-CD Master Aplikasi
http://htmlimg3.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/6-c9b000af8b.jpg

 
2.2 Perakitan CPU

Sebelum Merakit sebuah PC, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan, diantaranyaadalah :
1.         Hindari merakit dalam keadaan berkeringat, karena kemungkinan keringat akan jatuh keperalatan yang sedang kita rakit tanpa kita ketahui, lalu saat kitamenyalakan power supply maka terjadilah hubungan pendek (short contact) danrusaklah hasil rakitan kita.
2.         Hindari memegang atau menyentuh langsung kaki pin prosesor yang ada termasuk chipset. Karena dikhawatirkan adanya listrik statis yang dimiliki tubuh kita akanmerusak komponen tersebut. Untuk mencegah hal ini kita harus meng-groundkantubuh kita dengan cara memegang casing saat power telah dihidupkan, atau denganmemakai gelang anti statis.
3.         Pada setiap tahap perakitan sebelum menambahkan komponen yang baru power supply harus dimatikan. Memasang komponen pada saat power supply hidup akanmerusak komponen yang akan dipasang dan juga hasil rakitan kita.
4.         Jangan lupa untuk menyiapkan peralatan yang dibutuhkan sebelum memulai perakitan, agar seluruh kegiatan tidak terhambat pada kemungkinan kurangnya peralatan yang ada.

2.1 Langkah-langkah perakitan.

1.Letakkan motherboard pada tempat yang datar atau diatas casing padatempat yang aman.Meletakkan motherboard pada tempat yang tidak rata akan mengakibatkankerusakan pada motherboard apabila dilakukan pemasangan komponen.2.Pasang processor pada Motherboard. Pemasangan di luar casingdimaksudkan untuk memudahkan anda dalam pemasangan tersebut.
Pasang pengait processor terlabih dahulu pada motherboard sebelummemasang processor.
Perhatikan lubang yang terdapat pada motherboard (dekat processor), yang digunakan untuk memasukkan pengait.Perhatikan gambar di bawah ini.
http://htmlimg1.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/8-a345a5d8dd.jpg
Gambar lubangdekat processor 
Gambar Pemasangan Pengait Processor 
Selanjutnya pasang baut untuk mengunci pengait processor diatas. Perhatikangambar di bawah ini.Pemasangan ini bertujuan untuk mengunci pengait agar tidak lepas / goyang.Pasang pengunci sebanyak empat buah.Pasang processor pada slot 1Pemasangan processor disesuaikan dengan jenis processor dan motherboard

 
yang akan digunakan. Pada gambar di atas, processor yang digunakan adalahIntel Pentium II Celeron 400 MHz yang menggunakan Slot 1.3.Pasang SIMM RAM pada tempat yang tersedia pada motherboard
Gambar Posisi Pemasangan SIMM RAM 
Pemasangan SIMM RAM pada slotnya harus mengikuti aturan yang telahditentukan, yaitu :-Aturan praktis yaitu aturan yang menjelaskan bagaimana tata cara memasangkanSIMM ketempatnya. Kesalahan ini dapat membuat kerusakan pada motherboard.
-
Aturan teknis yaitu aturan yang menjelaskan susunan tata letak SIMMdalam hubungannya dengan pendeteksian terhadap keberadaan dan kapasitasSIMM.Pada slot memori, terdapat dua buah pengunci yang berfungsi untuk mengunci posisi memori.Untuk memasang memori, masukkan memori ke dalam slot memori dantekan sehingga kedua pengunci mengunci memori tersebut
Gambar Posisi pemasangan memori
4.Siapkan casing untuk pemasangan motherboard. Lepaskan penutupsampingcasing(sebelahkanan) untuk memasangkomponen yang lain.
http://htmlimg4.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/9-770924c548.png
 
5.Pasang Floppy disk, perhatikan tata letak pemasangan. Sesuaikan dengan posisi dari casing.Tampak posisi floppy daridepan casing setelah dipasang.Tampak pemasangan floppy.
6.Pasang baut Floppy, ini bertujuan agar floppy yang telah dipasangtidak mudah lepas / goyang.Pemasangan baut pd FDD 
7.Pasang Harddisk pada casing, sesuaikan dengan model casing(biasanya harddisk dipasang tepat di bawah floppy).
8.Pasang baut untuk harddisk (empat buah baut)

 
9.Pada casing, terdapat beberapa titik yang berfungsi untuk pemasangan bautdan sekrup. Pasanglah baut dan sekrup tersebut pada tempatnya, sesuaikandengan jenis motherboard yang digunakan.
 Posisi pemasangan Baut dan Sekrup
10.Masukkan motherboard pada casing secara perlahan (Pada sebagiancasing, alas casing dapat dilepas sehingga pemasangan motherboard dapatdilakukan secara lebih mudah
http://htmlimg1.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/10-1945a99233.jpg
Gambar Pemasangan Motherboard pada casing 

Pada saat pemasangan Motherboard, perhatikan bagian belakang motherboard yang berisi konektor mouse, keyboard, serial dan paralel port, agar terpasang dengantepat pada dudukan casing yang ada.11.Kemudian pasanglah baut yang disediakan pada Motherboard pada beberapa titik yang sesuai dengan dudukan motherboard.
http://htmlimg4.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/11-f57ba02063.jpg
 
 Pemasangan Baut 
12.Pasang dan kencangkan seluruh baut pada motherboard
13.Pasang konektor Power Supply pada tempatnya di Motherboard (Perhatikan: Untuk power Supply Type AT, Pasang konektor power supply dengan kabel berwarna hitam berada di posisi tengah, kesalahan pemasangan akanmengakibatkan kerusakan berat pada Motherboard)14.Pasanglah VGA Card pada Slot Expansi yang sesuai.
 Pemasangan VGA Card pada slot AGP 
http://htmlimg3.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/12-022ef9d6ac.jpg
 
15.PasangbautdariVGACardtersebut.
Gambar Pemasangan baut VGA Card 
16.Pasang kabel serial port pada port yang tersedia pada motherboardSelanjutnya letakkan port serial pada bagian belakang motherboard17.Pasang kabel LPT Port (Line Printer Port) pada motherboardSelanjutnya letakkan port serial pada bagian belakang motherboard
http://htmlimg3.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/13-d6e2202264.jpg
 
18.Setelah selesai memasang VGA Card, Serial Port, LPT Port, selanjutnyaanda memasang baut pada bagian belakang casing untuk mengeratkan VGA Card,Serial Port, LPT Port yang telah dipasangGambar Pemasangan baut pada VGA Card, Serial Port, LPT Port
19.Pasang kabel data Harddisk (HDD) pada port IDE, Floppy Disk Drive(FDD) Pada port FDD pada motherboardPemasangan kabel data Harddisk. Pemasangan kabel data Floppy.Perhatikan arah pemasangan kabel (pin1) Perhatikan arah pemasangan kabel (pin 1)Perhatikan pemasangan pin1 pada motherboard. Ikuti petunjuk pada Motherboardatau buku manual masing-masing.20.Pasanglah kabel power untuk Harddisk dan Floppy
 Pemasangan Kabel power FDD dan HDD
http://htmlimg1.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/14-4089534b4c.jpg
 
21.Pasang kabel switch, speaker, hdd LED dan power LED padaMotherboard. Ikuti petunjuk yang ada pada buku manual masing-masingMotherboard.
Gambar Pemasangan kabel power dan LED
22.Atur kabel-kabel data dan power. Setelah selesai tutup kembali casing anda
23.Pasanglah Keyboard, Mouse, Data Monitor.Power Monitor dan KabelPower pada bagian belakang casing sesuai dengan konektor masing-masing.
Searah Jarum Jam, Pemasangan Keyboard, Mouse, Data Monitor, Power Monitor dan Kabel Power 
http://htmlimg3.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/15-f5a6e57268.jpg
 
Usahakan memasang kabel Power setelah seluruh peripheral dan konektor lainterpasang dengan baik untuk mencegah terjadinya kerusakan pada komponenapabila terjadi kesalahan pemasangan.
24.Setelah seluruh komponen telah terpasang dengan baik, lakukan pengujian..
Pengujian
1.Hidupkan monitor lalu unit sistem. Perhatikan tampilan monitor dan suaradari speaker.2.Program FOST dari BIOS secara otomatis akan mendeteksi hardware yangterpasang dikomputer. Bila terdapat kesalahan maka tampilan monitor kosongdan speaker mengeluarkan bunyi beep secara teratur sebagai kode indikasikesalahan. Periksa referensi kode BIOS untuk mengetahui indikasi kesalahanyang dimaksud oleh kode beep.3.Jika tidak terjadi kesalahan maka monitor menampilkan proses eksekusidari program POST. ekan tombol interupsi BIOS sesuai petunjuk di layar untuk masuk ke program setup BIOS. 4.Periksa semua hasil deteksi hardware oleh program setup BIOS. Beberapa seting mungkin harus dirubah nilainya terutamakapasitas hardisk dan boot sequence.4.Simpan perubahan seting dan keluar dari setup BIOS. Setelah keluar darisetup BIOS, komputer akan meload Sistem OPerasi dengan urutan pencariansesuai seting boot sequence pada BIOS. Masukkan diskette atau CD Bootableyang berisi sistem operasi pada drive pencarian.
Gambar Tampilan apabila perakitan berhasil Gambar Tampilan apabila perakitan berhasil 
http://htmlimg4.scribdassets.com/4vgxm2odogugayp/images/16-9342727fd3.png
 
2.2.2Penanganan Masalah
Permasalahan yang umum terjadi dalam perakitan komputer dan penanganannyaantara lain:1.Komputer atau monitor tidak menyala, kemungkinan disebabkan oleh switchatau kabel daya belum terhubung.2.Card adapter yang tidak terdeteksi disebabkan oleh pemasangan card belum pas ke slot.
 
























BAB III

PENUTUP


3.1 Kesimpulan

Pendekatan teknologi informasi dalam belajar dan mengajarkan sains dan teknologidalam konteks pengalaman manusia. Pendekatan dengan teknologi informasi cocok untuk mengintegrasikan domain konsep, keterampilan proses, kreativitas, sikap, nilai-nilai, penerapan, dan keterkaitan antar bidang studi (kurikulum) dalam pembelajaran dan penilaian pendidikan sains (Galib, 1996b; 1992a).Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan teknologi informasi dapatmeningkatkan sikap para siswa yang semula kurang dalam menyerap informasi menjadilebih gampang, cepat dan mudah dalam memperoleh informasi. dan dapat meningkatkankepedulian semua rekan-rekan terhadap kegiatan masyarakat sehari-hari.

3.2 Saran

Pendekatan teknologi informasi dalam pembelajaran perlu mendapat perhatian dantanggapan yang serius dari semua kalangan baik lembaga pendidikan maupun masyarakatitu sendiri karena melalui pendekatan ini maka siswa dapat memperluas dan memperdalam pemahaman tentang dunia teknologi informasi dalam konteks yang lebih luas, tidak hanya sekedar pemahamankonsepnya.Dengan demikian, upaya meningkatkan pengembangan literasi sains
(science literacy) dan teknologi bagi siswa dapat dicapaidengan mudah.
 






Selamat membaca dan semoga bermamfaat


By: kanda roim M 451 H k.n.dv

0 komentar:

Posting Komentar